Laman

September 19, 2010

VIETNAM-RI BAHAS MOU PERTAHANAN

Jakarta - Wakil Menteri Pertahanan Vietnam Letjen Nguyen Chi Vinh melakukan kunjungan ke Kementerian Pertahanan RI guna membahas MoU (nota kesepahaman) di bidang pertahanan kedua negara, antara lain kerja sama industri pertahanan.

"Kedatangan Wamenhan Vietnam kali ini guna membahas mengenai nota kesepahaman," kata Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro di Jakarta, Rabu.

Nota kesepahaman itu antara lain mengenai kerja sama industri pertahanan dan program pertukaran anggota angkatan bersenjata, kata Menhan kepada wartawan saat meninggalkan pertemuan karena akan mengikuti rapat di Kementerian Koordinasi Politik, Hukum dan Keamanan.

Wamenhan RI Sjafrie Sjamsoeddin, yang menggantikan Menhan dalam pertemuan dengan Wamenhan Vietnam, mempertegas pernyataan Purnomo Yugiantoro bahwa pertemuan tersebut membahas nota kesepahaman guna meningkatkan kerja sama pertahanan.

"Pertemuan hari ini membahas mengenai kerja sama industri pertahanan, latihan bersama, sekolah dan hal lainnya yang berhubungan dengan pertahanan militer, tidak ada kaitannya dengan masalah politik," jelasnya.

Di samping itu, kunjungan Vietnam kali membahas persiapan pertemuan menteri pertahanan se-ASEAN plus (ADMM+) pada Oktober 2010 nanti, lanjut Wamenhan RI bersama dengan Wamenhan Vietnam Letjen Nguyen Chi Vinh.

"Kedua negara sepakat akan memperkuat nota kesepahaman karena hal itu merupakan tonggak penting pada hubungan kedua negara," kata Wamenhan Vietnam yang didampingi oleh seorang penerjemah dari Vietnam.

Ia menegaskan bahwa kedatangannya hanya membahas nota kesepahaman dan persiapan pertemuan ADMM+. Berbagai masalah pertahanan, seperti masalah keamanan non-tradisional, yang meliputi terorisme, akan dibahas dalam pertemuan tersebut.

Ia berharap mendapat dukungan dari negara-negara lain terutama Indonesia untuk penyelenggaraan acara tersebut. Sebaliknya, Vietnam akan mendukung Indonesia yang akan menjadi tuan rumah ADMM pada 2011.

Pertemuan ADMM+, yang akan mengikutsertakan menteri pertahanan dari negara anggota ASEAN dan menteri pertahanan dari Amerika Serikat, Rusia, China, Korea Selatan, Jepang, Australia, Selandia Baru dan India, diselenggarakan di Hanoi, Vietnam, pada 11-13 Oktober.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar